Saturday, August 24, 2013

Tutorial Installasi Ubuntu Server v10.04

Filled under:

Tutorial Installasi Ubuntu Server v10.04, Disini saya akan membahas tentang Step By Step Instalasi Linux Ubuntu Server v10.04.

Sebelum kita masuk ke topik utama, saya akan membahas sedikit tentang sejarah Ubuntu.

Pengenalan Apa Itu Ubuntu?

Ubuntu adalah salah satu distribusi linux turunan dari distro Debian. Yang sangat baik digunakan pada Laptop, Desktop dan server. Hampir seluruh applikasi yang anda butuhkan seharihari sudah di include didalamnya seperti Web browser, document, presentasi, pengolah gambar, applikasi chat, dan masih banyak lagi. Ubuntu di ambil dari bahasa africa yang berarti rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia dan juga bisa berarti aku adalah aku karena keberadaan kita semua


Ubuntu lahir pada bulan April 2004 saat Mark Shuttleworth sang pemilik perusahaan Canoncial Ltd membentuk sebuah group open source untuk membuat sebuah distro baru yang berbasis debian, dan setelah Distro ubuntu lahir, lebih dari 12000 orang sudah mencobanya, angka tersebut melonjak pesat sampai saat ini.Versi Ubuntu Pada bulan oktober 2004 ubuntu lahir pada versi pertama,versi baru ubuntu hadir setiap 6 bulan sekali dan anda bisa mengupgradenya secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Penamaan versi Ubuntu juga memiliki keunikan tersendiri selain dengan Code Name namanama hewan ubuntu juga memiliki penamaan versi yang sangat unik, misalnya Ubuntu yang akan saya bahas kali ini memiliki nama Ubuntu 8.04 yang artinya Ubuntu tersebut di release pada tahun 2008 pada bulan April.Versi ubuntu memiliki format Y.MM, Y=tahun dan MM adalah bulan. Setiap release ubuntu di support sampai 18 bulan atau 1,5 tahun, beda dengan Versi LTS (Long Term Support) yang di support sampai 3 tahun untuk desktop dan 5tahun untuk server. Berikut ini adalah sejarah ringkas Versi Ubuntu beserta Code Namenya.

Sumber: http://www.suitfeed.com/2012/04/sejarah-ubuntu.html#ixzz2DOK1Vcql

Oke langsung saja lihat tutorial lengkapnya DISINI

lihat juga tutorial Tutorial Penggunaan Truecrypt.

Terima kasih, semoga bermanfaat ..

0 comments:

Post a Comment